Selasa, Oktober 21, 2014
   
Text Size

POKDI Search

Seminar HIV-AIDS

Penilaian Pengunjung: / 1
TerjelekTerbaik 

Globe-Pokdisus thumbSeperti yang tertuang dalam Rencana Strategi dalam pengangulangan HIV AIDS di Indonesia diutarakan bahwa Perkembangan epidemi yang meningkat di awal tahun 2000-an telah ditanggapi dengan keluarnya Peraturan Presiden nomor 75 tahun 2006 yang mengamanatkan perlunya intensifikasi penanggulangan AIDS di Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara di Asia dengan epidemi yang berkembang paling cepat (UNAIDS, 2008).

Kementerian Kesehatan memperkirakan, Indonesia pada tahun 2014 akan mempunyai hampir tiga kali jumlah orang yang hidup dengan HIV dan AIDS dibandingkan pada tahun 2008 (dari 277.700 orang menjadi 813.720 orang). Adanya Strategi baru yang komprehensif, yang cukup menjanjikan,memberikan banyak harapan untuk meningkatkan hasil pengobatan,kualitas layanan dan dukungan.

Tema hari AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember 2012 adalah GETTING TO ZERO, sedangkan di Indonesia untuk tahun ini mengambil tema “LINDUNGI PEREMPUAN DAN ANAK DARI HIV/AIDS “. Bertolak dari tema tersebut Unit pelayanan Terpadu HIV RS Dr Cipto Mngunkusumo, bekerjasama dengan PDPAI dan SANDAR ( Sentra Informasi Drugs,and Reproduksi ) bermaksud mengadakan seminar sehari.

Perkembangan Ilmu pengetahuan kedokteran dan tehnologi demikian pesat, begitu juga dalam pengembangan terapi HIV/AIDS bagi ODHA. Perkembangan tersebut juga membawakan masalah serta komplikasi dan efek samping obat . Pedoman Nasional Terapi Antiretroviral edisi tahun 2011 telah diterbitkan dimana memuat rekomendasi tentang terapi dan pemantauan terapi Antiretroviral ‘

Kecenderungan epidemi HIV ke depan menggambarkan perubahan penularan HIV, dimana selain populasi kunci yang sudah ditangani selama ini, penting pula memperhatikan peningkatan infeksi Penularanan HIV secara sexual dikalangan muda,LSL,Pekerja sex, Penularan vertikal dari ibu kepada anaknya, mencegah infeksi HIV Baru pada para pemakai narkoba, Kemudahan akses pengobatan dan kemudahan akses terapi Antiretroviral .

 Dalam rangka memberikan informasi lebih jelas dan terkini serta mengetahui perkembangan kemajuan pengobatan HIV/AIDS di Indonesia, UPT HIV AIDS RSUPN Cipto Mangunkusumo menyelenggarakan seminar yang dihadiri oleh para ahli. Acara tersebut akan diadakan pada hari Senin tanggal 17 Desember 2012 bertempat di Ruang Aula Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Seminar yang dijadwalkan dari jam 09.00 hingga 15.00 sama sekali tidak dipungut biaya.

Adapun jadwal acara tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.

jadwal

POKDI Login

Silahkan Login di sini





POKDI Online

None

Pokdi Rank

 Page Rank